![]() |
Source: @edgar_joel_ortiz |
HERE I GO!! DIERGO!! LEGGO!!
Di postingan saya sebelumnya, saya udah membeberkan cerita di balik logo saya yang dulu-dulu. Total saya sudah ganti 3 logo nama panggung & 3 logo ikon. Mungkin kalian penasaran kenapa saya kok antusias banget ngomongin perihal logo sampai ada bagian per bagian di postingan ini. Memang, saya punya minat di bidang desain grafis sejak SD yang pada saat itu sudah lumayan bisa utak-atik Photoshop. Selain itu, saya juga tertarik dalam merancang sebuah logo karena merupakan suatu identitas yang bisa mendukung branding / karakteristik kita sendiri dan membuat kita berbeda dari orang lain (ini berlaku bagi perusahaan atau perorangan, meski perorangan lebih bersifat opsional aja sih). Sesungguhnya, kita adalah produk untuk diri kita sendiri karena yang mengerti tentang keinginan kita ya adalah kita sendiri. Jadi kalau misalnya ada dari kalian yang punya perusahaan atau toko dan mau dibuatin logo, saya bersedia membantu mewujudkannya kok, just contact me!
Pada bulan April 2016 lalu, saya mengadakan polling rahasia khusus ke rekan-rekan sepermainan dan orang-orang di Ask.FM mengenai mana yang lebih bagus dari tiga calon logo terbaru saya. Sebenarnya yang membedakan itu cuma peletakan garis di logo tersebut: lebih condong ke atas, tengah, atau bawah. Saya sempat sedikit galau pas awal logo itu jadi, enaknya ditaroh dimana ya garisnya, pas dari jauh bagusan yang ke-2, eh tapi pas ditegesin lagi, logo ke-1 kok keliatan unik ya? Yah hingga akhirnya saya pun bikin riset tersebut yang berjalan hampir satu bulan dan membuat penghitungan suara terhadap tiga logo yang saya kasih ke mereka. Kalau misalnya ada yang jawab suka semuanya, saya sebenarnya tetep bujuk mereka untuk pilih salah satu sih, hehehe.
So AMIGO, here comes my new own branding logo “GO TO THE TOP”......
Mungkin kelihatannya, logo pribadi saya ini sederhana dan yah gitu-gitu aja... Tapi ternyata menyimpan banyak makna positif di dalamnya. Saya akan jelaskan satu persatu bagian dari logo “GO TO THE TOP”:
⚫⚫ Logo ini menggunakan warna hijau “GO GREEN (#0066ab)” yang merupakan warna resmi dari friendom saya “AMIGO”. Warna tersebut memberikan suasana yang teduh, tenang, segar, dan santai bagi para penikmatnya, seperti di kebanyakan lagu-lagu saya. Warna hijau juga memberi kesan membumi dan kembali ke alam karena dari situlah adanya kehidupan yang sehat. Jadi, pemilihan warna hijau itu bukan sekedar karena dari kecil suka warna hijau aja, tapi merupakan doa agar si pemilik logo beserta keluarga dan teman-temannya tetap diberi kesehatan dan panjang umur.
⚫⚫ Sebenarnya sih awal mula kenapa logo saya bentuknya bulat itu biar terlihat pas sebagai avatar di Instagram, Ask.FM, Whatsapp, LINE, dan bahkan Gmail; sedangkan bentuk kotak itu hanya buat avatar Facebook dan Twitter. Bagaimanapun, logo bulat bisa menyesuaikan di landasan berbentuk kotak, namun tidak sebaliknya. Nah, bentuk bulat pada logo ini menggambarkan kedinamisan, ketegasan, dan semangat tanpa batas. Seperti yang kita tahu, lingkaran itu nggak ada perhitungan “xy” (cuma orang yang suka pelajaran Matematika aja yang ngerti, kecuali saya sih yang sebenarnya benci Matematika, haha). Intinya, lingkaran itu ya gitu-gitu aja bentuknya, karena kalau dilebarin dikit maka jadinya bukan lingkaran lagi, tapi lonjong. Nah, geometri lingkaran yang bentuknya abadi dan gitu-gitu aja menunjukkan karakter diri saya yang cekatan, tegas, fokus, perfeksionis, dan nggak pernah berhenti untuk tetap semangat tiap melakukan sesuatu.
⚫⚫ Jika kalian tegesin lebih dalam saat melihat logo ini, kalian akan sadar bahwa garis yang ada di tengah itu membentuk huruf “G” & “O”. Iya, kedua huruf tersebut diambil dari font Fought Knight Victory (tapi sebenarnya itu ditulis dengan huruf kecil, makanya kedua huruf itu nggak sama seperti di logo nama panggung saya). Huruf “G” & “O” berjejer ke arah kanan atas tepat di bagian tengah logo, dengan filosofi sebagai berikut:
⚫⚫⚫⚫ Huruf “G” & “O” dibikin berjejer maksudnya menandakan kebersamaan (antara DIERGO dengan AMIGO).
⚫⚫⚫⚫ Ditempatkan di tengah logo karena menunjukkan keseimbangan antara sisi satu dengan yang sebelahnya. Lebih tepatnya: sama rata sama rasa, gue senang elu senang, gue sedih elu juga ikut sedih. Yang penting tetap ada semangat kebersamaan sebagai teman, nggak ada yang egois atau enak sendiri (sumpah, baru ngeh dengan filosofi ini setelah beberapa bulan logo ini dipakai).
⚫⚫⚫⚫ Mengarah ke atas berarti menuju puncak (gemilang cahaya... kenapa jadi nyanyi sih?), baik itu keberhasilan, kesuksesan, maupun masa depan.
⚫⚫⚫⚫ Mengarah ke kanan; seperti yang kita tahu, kanan itu adalah arah yang baik, sebagaimana yang dikatakan oleh Yunus bin Ubaid dari Al-Hasan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Setiap anak Adam akan dijaga oleh dua malaikat, dan malaikat yang sebelah kanan itu lebih berkuasa dari yang disebelah kiri. Bila seorang muslim berbuat kebaikan, malaikat di kanan langsung mencatat sepuluh kebaikan untuknya. Namun bila berbuat keburukan, ketika malaikat kiri hendak menulis, malaikat kanan memperingatkan untuk jangan mencatat dulu sebelum orang tersebut mengurungkan niatnya."
Singkatnya, arah kanan itu adalah arah menuju jalan kebenaran dan kebaikan, dimana diharapkan apa yang dilakukan oleh si pemilik logo ini bisa membawa dampak positif dan kebaikan bagi semuanya.
Kesimpulan dari itu semua, makna dari logo tersebut adalah: “semangat bersama-sama menuju puncak namun tetap pada jalan yang benar". Bisa juga artinya itu semangat #WujudkanMimpi, seperti judul album kedua saya, hehehe (teteup!). Semua orang ingin jadi sukses, tapi sesungguhnya orang yang sukses itu yang juga mengajak dan membantu teman untuk ikut sukses. Bagaimanapun, ada bermacam cara untuk jadi sukses, baik itu cara yang aman maupun curang. Makanya, walaupun sedang berusaha meraih keberhasilan, tetap musti di jalan yang benar, agar nantinya bisa membawa berkah.
Kayak gini aja deh contohnya: ada publik figur yang ingin terkenal tapi dengan cara jualan sensasi, dari selingkuh sama artis yang udah nikah sampai pamer harta sana-sini demi menjadi perhatian pemirsa. Nah, seharusnya dia berusaha, belajar, dan bekerja keras mengembangkan kemampuannya (dan jangan lupa berdoa) jadi senggaknya kita nggak hanya berhasil aja, tapi orang akan melihat kita sebagai sosok yang berkualitas tinggi dan jadi inspirasi. Lagipula, ujung-ujungnya kita dapet bonus berkah dari Yang Di Atas juga kan?
Gokil yah, padahal keliatannya sepele gitu bentuk logonya, tapi ternyata banyak makna bagus di dalamnya, senggaknya ada manfaat bagi saya selaku pengguna logo ini. Semoga sampai 5 tahun kedepan nanti, saya masih bisa memakai logo ini sebagai self-branding. Maaf ya para pembaca kalau harusnya ngomongin logo tapi malah menjurus ke ngomongin kesuksesan, karena sebenarnya itulah tujuan dibuatnya logo “GO TO THE TOP”!
Di bagian ke-3 nanti saya akan memberikan fakta lain (fun fact) tentang logo “GO TO THE TOP” yang sebenarnya ada dua jenis + kenapa ada lingkaran lain di logo versi 2017 ini + metode unik dalam proses pembuatan logo tersebut.
Wish you would like it, AMIGO!
SALAM LEGGO!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar